Hendrik's Blog

Just another WordPress.com weblog

Flagellata

Flagellata

Seperti yang kita ketahui bahwa protozoa dibagi menjadi 3 antara lain

  • protozoa mirip hewan
  • protozoa mirip tumbuhan atau algae
  • protozoa fungi

dalam tulisan kali ini kita akan membahas tentang protozoa mirip hewan kususnya flagellata. Mastigophora atau lebih tenar dipanggil flagellata merupakan salah satu kelompok protozoa yang memiliki flagel sebagai alat geraknya, flagel adalah semacam bulu cambuk. Bulu cambuk terletak pada bagian depan sel, ada juga yang berada di belakang sel. Bila alat geraknya berada di depan sel maka saat bergerak seperti menarik sel itu, sedangkan pada falgellata yang memiliki alat gerak fi belakang maka gerakannya seperti mendorong sel. Flagel tidak hanya sebagai alat gerak tetapi juga sebagai alat pencipta gelombang di air sehingga makanannya dapat mendekat ke mulutnya dan dapat dimakan.

Struktur tubuh Flagellata terdiri atas :

itu adalha gambaran dari struktur flagellata. Bintik mata dalam flagellata berfungsi sebagai alat penglihatan, dapat membedakan gelap terangnya cahaya saja, jadi bintik mata tersebut dapat menghantarkan flagellata menuju tempat yang ada cahayanya untuk berfoto sintesis ( kata temenku DERRY ). Trus ada bagian yang bernama vakuola kontraktik, fungsinya sebagai tempat pembuangan zat sisa yang berupa cairan ( kayak vagina/ penis kalau manusia hahahaha ), ada nukleus atua inti sel, vakuaola makanan, palikel. Berbeda dengan vakuola kontraktik, vakuola makanan berfungsi sebagai mulut flagellata ( namanya agak mirip tapi fungsinya beda sob ). Pelikel adalah suatu lapisan luar flagellata yang terbentuk dari protein. Oh yaaa, ada lagi selain dalam gambar itu, stigma. Stigma adalah alat pernafasan pada flagellata dan juga berfungsi sebagai pembakar nitrogen dalam tubuhnya.

Nah, ,kan kita sudah tau tu kalau flagellata memiliki klorofil, buktinya dia bisa berfotosintesis kan, tapi sebagian kecil protozoa tidak memiliki klorofil, dibentuklah kelompok flagellata menjadi :

  • Fitoflagellata
  • Zooflagellata

Fitoflagellata memilih habitatnya di air (memilih???), dan tubuhnya diselubungi oleh lapisan pelikel yang telah dijelaskan di atas tadi, fitoflagellata dibagi lagi menjadi :

  • Euglenoid
  • Dinoflagellata
  • Volvocida

Zooflagellata adalah flagellata yang tak memiliki klorofil, mirip dengan hewan. Biasanya ada yang hidup bebas di alam ada juga yang hidup berparasit. Zooflagellata bereproduksi aseksual dg pembelahan biner secara longitudinal, sedangkan reproduksi secara seksual belum dikeahui ( kasian bener )

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: